Home Company Tanya & Jawab Contacts How To Fight Cancer Research Cancer Articles Link
English
Chinese
Japanese
Informasi
Distributor Resmi
TESTIMONIAL
Cara Pesan
Pesan Sekarang
Konfirmasi Pembayaran
Trade Show
Partnership
Breast Self-Exam
Kanker
Pengobatan Kanker
Keladi Tikus
Kanker Payudara
Kanker Serviks
Buku Tentang Kanker
Strategi Memerangi Kanker
Obat Kanker Alami
Pola Hidup Sehat
Tips Sembuh dari Kanker
Perokok Aktif
Tips Perawatan Luka Terbuka
Indonesia
Tel: +62 812 9261059
Tel: +62 21 6693460
Email: cs@cancerhelps.com
Correspondent Add:
PO Box 6172
JKUPL 14440A, Indonesia

Malaysia
Tel:+60193920734
No.48, JL PP59,
Taman Pingiran Putra 43300
Selangor,Malaysia

Singapore:
Tel:+65 912 79384
111 North Bridge Road
27-01, Peninsula Plaza
Singapore 179098
 Email this document
 Print this document

TIPS MERAWAT LUKA TERBUKA
PADA KANKER PAYUDARA

 

MEMBERSIHKAN LUKA

Untuk perawatan luka kronis, disarankan untuk menggunakan saline water (cairan infus). Cairan infus hangat diaplikasikan pada luka terbuka dengan 2 macam cara :

- menggunakan kapas/kain kasa yang direndam pada cairan tersebut kemudian diaplikasikan pada luka

- menyemprot luka dengan botol spray yang berisi cairan infus hangat (semprotan ringan cukup untuk membersihkan, sedangkan semprotan sedang dilakukan bila ingin membersihkan nanah pada luka yang menebal ). Hindari alat semprot bertekanan tinggi karena dapat menyebabkan kerusakan jaringan dan perdarahan pada luka.

Pastikan penggunaan sarung tangan saat membersihkan luka.

Saline water merupakan cairan pembersih yang secara umum diterima karena tersedia bebas, tidak mahal dan tidak berbahaya (harmless) bagi permukaan luka.

INFEKSI LUKA

Permukaan luka biasanya terkontaminasi oleh bakteri pathogen aerob (aerobic pathogens). Luka yang meluas (malignant wounds) dapat terinfeksi oleh bakteri yang tergolong/tidak tergolong kategori normal flora. Bau yang timbul pada luka kadang diasosiasikan dengan infeksi bakteri anaerob dan harus diobati dengan antibiotik sistemik bilamana luka tersebut menunjukkan tanda-tanda infeksi seperti : cellulitis, septicaemia (keracunan darah), osteomyelitis. Bila infeksi terjadi di permukaan, antibiotics topikal akan mengurangi beban bakteri, bau pada luka dan nanah. Metronidazole (salah satunya dijual dengan merk : Flagyl Er) telah banyak digunakan secara sistemik maupun topical (oles) untuk mengontrol bau yang disebabkan oleh infeksi bakteri anaerob, termasil species Bacteroides. Dosis oral (makan) 200-400 mg selama 10 hari atau aplikasi oles 0.75 1% gel dapat bermanfaat untuk mengontrol bau. Menghaluskan tablet oral ke dalam bentuk bubuk dan melarutkannya dalam solusi dapat merupakan alternatif yang lebih murah dibandingkan dengan gel. Salep yang mengandung Chlorophyll atau dalam bentuk tablet dapat juga membantu mengontrol bau. Alternatif lain yang murah adalah dengan mengaplikasikan plain life yogurt atau buttermilk selama 15 menit dan kemudian dibilas, 4 kali sehari.

CARA BERPAKAIAN

Bau juga bisa ditimbulkan karena kain penutup luka yang jarang diganti. Secara komersial, tersedia kain penutup dari arang aktif (activated charcoal dressings) yang didesain untuk luka berbau. Aplikasi langsung dari kain arang aktif bisa dilakukan bila luka sedikit mengering. Tetapi untuk luka yang sangat bernanah, disarankan untuk menggunakan kain kasa pada lapisan pertama dan kain arang aktif pada lapisan kedua. Alternatif lain yang tidak terlalu mahal dibandingkan kain arang aktif adalah menggunakan charcoal sheets yang banyak dijual di pet store (toko binatang peliharaan). Berikut ini cara penggunaannya : aplikasikan gel pada permukaan luka, lalu luka ditutup dengan kain kasa, kemudian pada permukaan kedua adalah charcoal sheets atau kain arang aktif dan kemudian ditutup dengan perban.

Bila luka sudah sangat bernanah, lebih praktis menggunakan pouch atau kantung plastik untuk menampung nanah dan biasanya tidak perlu sering diganti ( cukup seminggu sekali).

Di Indonesia, WOCARE CLINIC menawarkan konsultasi perawatan luka (termasuk alat kesehatan yang digunakan & salep luka). Anda dapat menghubungi WOCARE CLINIC pada telp 0251 - 8312 928 atau website : wocare.blogspot.com

Source : Palliative care consultations in advanced breast cancer

Oleh Sara Booth

 

Typhonium Plus a natural supplement from Typhonium Flagelliforme / Keladi Tikus helps to combat cancer/tumor and stimulate the forming of anti bodies.

Kanker Details:
Kanker | Pengobatan Kanker | Keladi Tikus | Kanker Payudara | Kanker Serviks

Cancer Details:
What is Cancer | Who Gets Cancer | Cancer Types | Cancer Risk Factors | Cancer Prevented | Cancer Causes |  Symptoms of Cancer | What is Remission | Cancer Treated | Ask My DoctorCancer Articles

Recommended Articles:
How to Fight Cancer | Strategi Memerangi Kanker | Obat Kanker Alami | Pola Hidup Sehat | Tips Sembuh Kanker

Pengobatan Kanker:
Obat Kanker |  Distributor Resmi |  Testimonial |  Cara Pesan


Copyright©Global Bioscience 2004-2009 Powered by SEO Indonesia